Selasa, 28 Agustus 2018

Buka Cakrawala Bersama ENJ 2017

Helo guys,, salam kenal, namaku Mei Dian Syaputra. Saya mahasiswa jurusan Kimia angkatan 2014 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Aku berasal dari Sungai Junjangan, Batang Tuaka, Indragiri Hilir, Riau. Selain Sibuk kuliah, saya juga berorganisasi, diskusi, aktif di pengambdian masyarakat, aktivis masjid gituh,,bercanda ria dengan anak-anak TPA, tentunya belajar-mengajar Al-Qur’an lah yaa, hehehe. Keseharianku membaca, travelling, kadang-kadang budidaya tanaman.. asiik.. Nah, beberapa waktu lalu saya menjadi bagian dari tim ENJ UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Suatu kebanggan bagi saya bisa mengabdi masyarakat pulau terpencil, yang listriknya terbatas, aksesnya sulit bangetss...... 

ENJ, apaan sih ???
ENJ merupakan kegiatan pemberdayaan generasi muda serta penguatan konektivitas pulau-pulau terluar, terdepan, terpencil dan wilayah perbatasan.  ENJ ini adalah program dari Kementrian Koordinator Bidang Maritim, salah satu cita-cita bangsa yaitu menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Segala akomodasi gratiss.

Kegiatannya apa aja sih ??
Kegiatan ENJ ini sama halnya dengan KKN, pengabdian masyarakat, melakukan berbagai program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. 



Cerita ENJnya Gimana kak?
Nah, Sabtu, 12 Agustus 2017 lalu secara resmi Tim Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan perjalanan Ke Pulau Kangean. Tepatnya Desa bilis-bilis, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep, Prov. Jawa Timur. Sebanyak 23 orang tim dari uin, berangkat dari jogja pake kereta api ke banyuwangi  14 jam, dari banyuwangi ke pulau kangen pake kapal perintis Sabuk Nusantara 27    36 jam. Totalnya    50 jam laah. Acara ini berlangsung selama 10 hari. Disana kita dibagi dalam 4 devisi, yaitu; lingkungan, pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Salah satu program unggulan kami pembagian 250 box susu dan pakaian layak pakai kepada masyarakat sekitar, explore kangean dan banyak lagi. Selain itu kita juga menikmati keindahan indonesia, pulaunya keren banget... terumbu karangnya joss deh. Wonderfull Indonesiaku. 



Cara ikutannya gimana yaa ??
Informasinya biasanya ada di web : enj-maritim.id atau di webside uin bagian pengumuman, sering-sering aja buka web uin, biar update info seputar kampus love, hehhe. Lalu ngisi formulir pendaftaran, ntar ada seleksi berkas, wawancara dan tallens/bakat. Ikutin aja deh sampai selesai, kalau rezeki lolos tuh pasti. Oh ya info lagi ni, katanya WaRek III tahun depan 2018 akan ada KKN diluar jogja, ada ke garontalo dan ENJ ini juga dikhususkan bagi mahasiswa KKN, katanya loo..
Nah, itu sih dikit kisah perjalanan ENJ 2017, semoga bermanfaat, semangat menjadi kimiawan, semangat membangun negeri.

Link Video:
Sepucuk cinta untuk kangean
Dimana kau kawan by TIM ENJ UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 

Foto Dokumentasi:

Usai Upacara HUT RI di Kecamatan Arjasa

Bersih-bersih Pantai Bersama

Devisi Lingkungan

Pelatihan pembuatan pupuk dan barang berkas

 
Penutupan dan Sayonara

TIM ENJ UIN SUKA

Menjelang keberangkatan dengan kapal perintis Sabuk Nusantara 27

Savana Bama Banyuwangi

Suasana senja di Savana Bama Banyuwangi

Berlayar menuju pulau kangean

Pelabuhan sapeken

Upacara HUT RI 72 Tahun 

Bersama warga memecah batu

Eforia HUT RI 72 Tahun

Menyambut mentari senja

Foto Bersama 
 
Bersama Devisi Pendidikan usai Ngajar Ngaji