Rabu, 11 April 2018

Skripsi ; Bukan Bom Atom Tapi Kepastian


Seiring berjalannya waktu, kini tibalah saat yang bersejarah dalam hidup. Berjuang terhadap pengendalian diri agar tetap fokus terhadap suatu tujuan. Perjalan waktu yang cukup panjang dengan segala aktivitas perkuliahan, organisasi, kemasyarkatan bahkan tantangan yang banyak menyisakan suka-duka perjuangan. Diawal bertemu dengan sebuah perkenalan dan adabtasi dan kini berjuang untuk sampai dititik akhir.

Catatan ini dibuat sebagai pembangkit semangat dan berbagi arti sebuah perjuangan panjang yang masih belum menemukan titik temu. Titik akhir untuk meraih gelar sarjana Strata-1 harus sukses skripsi. Setiap orang mempunyai cara dan strategi khusus untuk mencapai suatu target. Target lulus tepat waktu, pradiket coumload, nilai standar atau bahkan  lulus diwaktu yang tepat dengan nilai yang pas-pasan. Semua itu tidak lain dari hasil perjuangan yang telah lalu dilakukan. Banyak orang yang menginginkan tampil perfect tapi bermalas-malasan tentu hasilnya unperfect. Usaha dengan kerja keras tidak akan menghianati hasil.

Bagiku skripsi adalah tantangan dan kenyataan yang harus diselesaikan. Tentu ada strategi dan taktik yang harus dilakukan, wkwk kayak mau demi aja.. tapi inilah yang terjadi.

1. Niat yang lurus dan sungguh-sungguh, tentu ini menjadi hal utama yang harus kita lakukan dalam setiap aktivitas dan kegiatan yang dilakukan. Niat yang kita lakukan karena Allah, isyaAllah bernilai pahala. Sangatlah merugi jika melakukan sesuatu tanpa niat, atau mulai sesuatu dengan menyabut nama Allah, yang termudah baca Bismillahirrahmanirrahim...

2. Kemauan yang keras dan menjaga semangat, kesuksesan tidak ada tanpa perjuaangan dan kerja keras. Banyak belajar dari tokoh-tokoh terbaik yang telah sukses. Mereka bisa menyelesaikan tantangan yang ada dalam hidupnya. Skripsi tidak seperti bom atom yang mematikan, tapi hanya butuh kepastian untuk dikerjakan.

3. Lingkungan yang mendukung, banyak tempat yang bisa dilakukan agar tetap fokus terhadap apa yang kita lakukan, ngerjain skripsi bisa aja di perpustakaan, warkop (warung kopi), taman baca, kamar kos dan banyak tempat. Saya lebih suka di perpustakaan karena situasi lingkungannya kondusif tenang, nyaman, bukunya banyak dan semua orang disini mempunyai tujuan yang sama yaitu belajar. Kalaupun dikamar kos biasanya banyak faktor, kadang tertidur, tidak fokus dan banyak faktor sih. Semua sesuai selera masing-masing.

4. Sarana prasarana yang memadai, sangat penting bagi kita untuk menyelesaikan suatu tantangan harus siap mental, siap alat, siap action. Untuk menyelesaikan skripsi harus ada komputer/laptop, buku, jurnal, dan sumber terpercaya lainnya. Wafi (jaringan internet) juga penting terkadang sumber yang kita inginkan harus didwonload dan sumber-sumber terkini yang bersumber dan e-book atau jurnal intenasional. 

Semoga ini bermanfaat dan menambah semangat bagi saya .... terlebih bagi pembaca yang sedang berjuang terhadap tantangan pada dirinya.


Sumber Gambar :
http://blogoblokgoblok.blogspot.co.id/2016/12/pengertian-tujuan-dan-unsur-unsur.html